Kamis, 09 Juli 2009

Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP)/Madrasah Tsanawiyah (MTs)

A. Latar Belakang
Bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual, sosial, dan emosional
peserta didik dan merupakan penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang
studi. Pembelajaran bahasa diharapkan membantu peserta didik mengenal dirinya,
budayanya, dan budaya orang lain, mengemukakan gagasan dan perasaan,
berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan
serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya.
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta
didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara
lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan
manusia Indonesia.
Standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia merupakan kualifikasi
kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan,
keterampilan berbahasa, dan sikap positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia.
Standar kompetensi ini merupakan dasar bagi peserta didik untuk memahami dan
merespon situasi lokal, regional, nasional, dan global.
Dengan standar kompetensi mata pelajaran Bahasa Indonesia ini diharapkan:
1. peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuan,
kebutuhan, dan minatnya, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil
karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri;
2. guru dapat memusatkan perhatian kepada pengembangan kompetensi bahasa
peserta didik dengan menyediakan berbagai kegiatan berbahasa dan sumber belajar;
3. guru lebih mandiri dan leluasa dalam menentukan bahan ajar kebahasaan dan
kesastraan sesuai dengan kondisi lingkungan sekolah dan kemampuan peserta
didiknya;
4. orang tua dan masyarakat dapat secara aktif terlibat dalam pelaksanaan program
kebahasaan daan kesastraan di sekolah;
5. sekolah dapat menyusun program pendidikan tentang kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan keadaan peserta didik dan sumber belajar yang tersedia;
6. daerah dapat menentukan bahan dan sumber belajar kebahasaan dan kesastraan
sesuai dengan kondisi dan kekhasan daerah dengan tetap memperhatikan
kepentingan nasional.
B. Tujuan
Mata pelajaran Bahasa Indonesia bertujuan agar peserta didik memiliki kemampuan
sebagai berikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik
secara lisan maupun tulis
2. Menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan
dan bahasa negara
232
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk
berbagai tujuan
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta
kematangan emosional dan sosial
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan,
memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan
berbahasa
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan
intelektual manusia Indonesia.
C. Ruang Lingkup
Ruang lingkup mata pelajaran Bahasa Indonesia mencakup komponen kemampuan
berbahasa dan kemampuan bersastra yang meliputi aspek-aspek sebagai berikut.
1. Mendengarkan
2. Berbicara
3. Membaca
4. Menulis.
Pada akhir pendidikan di SMP/MTs, peserta didik telah membaca sekurang-kurangnya
15 buku sastra dan nonsastra.
233
D. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas VII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan
mendengarkan berita
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam
beberapa kalimat
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan
ke dalam beberapa kalimat
Berbicara
2. Mengungkapkan
pengalaman dan
informasi melalui
kegiatan bercerita dan
menyampaikan
pengumuman
2.1 Menceritakan pengalaman yang paling
mengesankan dengan menggunakan pilihan kata
dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumuman dengan intonasi
yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat
yang lugas dan sederhana
Membaca
3. Memahami ragam teks
nonsastra dengan
berbagai cara membaca
3.1 Menemukan makna kata tertentu dalam kamus
secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks
yang diinginkan melalui kegiatan membaca
memindai
3.2 Menyimpulkan isi bacaan setelah membaca
cepat 200 kata per menit
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara
dengan intonasi yang tepat
Menulis
4. Mengungkapkan pikiran
dan pengalaman dalam
buku harian dan surat
pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi
dengan memperhatikan cara pengungkapan dan
bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis surat pribadi dengan memperhatikan
komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang
efektif, baik dan benar
234
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng
yang diperdengarkan
5.1 Menemukan hal-hal yang menarik dari dongeng
yang diperdengarkan
5.2 Menunjukkan relevansi isi dongeng dengan
situasi sekarang
Berbicara
6. Mengeskpresikan
pikiran dan perasaan
melalui kegiatan
bercerita
6.1 Bercerita dengan urutan yang baik, suara, lafal,
intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
Membaca
7. Memahami isi berbagai
teks bacaan sastra
dengan membaca
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
Menulis
8. Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui
pantun dan dongeng
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan syarat
pantun
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng
yang pernah dibaca atau didengar
235
Kelas VII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan
melalui kegiatan
wawancara
9.1 Menyimpulkan pikiran, pendapat, dan gagasan
seorang tokoh/narasumber yang disampaikan
dalam wawancara
9.2 Menuliskan dengan singkat hal-hal penting yang
dikemukakan narasumber dalam wawancara
Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, informasi, dan
pengalaman melalui
kegiatan menanggapi
cerita dan bertelepon
10.1 Menceritakan tokoh idola dengan
mengemukakan identitas dan keunggulan tokoh,
serta alasan mengidolakannya dengan pilihan
kata yang sesuai
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
Membaca
11. Memahami wacana tulis
melalui kegiatan
membaca intensif dan
membaca memindai
11.1 Mengungkapkan hal-hal yang dapat diteladani
dari buku biografi yang dibaca secara intensif
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang
dibaca
11.3 Menemukan informasi secara cepat dari
tabel/diagram yang dibaca
Menulis
12. Mengungkapkan
berbagai informasi
dalam bentuk narasi dan
pesan singkat
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi
dengan memperhatikan cara penulisan kalimat
langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi dengan
menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang
santun
236
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami pembacaan
puisi
13.1 Menanggapi cara pembacaan puisi
13.2 Merefleksi isi puisi yang dibacakan
Berbicara
14. Mengungkapkan
tanggapan terhadap
pembacaan cerpen
14.1 Menanggapi cara pembacaan cerpen
14.2 Menjelaskan hubungan latar suatu cerpen
(cerita pendek) dengan realitas sosial
Membaca
15. Memahami wacana
sastra melalui kegiatan
membaca puisi dan buku
cerita anak
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan
irama, volume suara, mimik, kinesik yang sesuai
dengan isi puisi
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang
terefleksi dalam buku cerita anak baik asli
maupun terjemahan
Menulis
16. Mengungkapkan
keindahan alam dan
pengalaman melalui
kegiatan menulis kreatif
puisi
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
keindahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan
peristiwa yang pernah dialami
237
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan
berbentuk laporan
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
Berbicara
2. Mengungkap berbagai
informasi melalui
wawancara dan
presentasi laporan
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari berbagai
kalangan dengan memperhatikan etika
berwawancara
2.2 Menyampaikan laporan secara lisan dengan
bahasa yang baik dan benar
Membaca
3. Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca memindai,
membaca cepat
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat
dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca
memindai
3.2 Menemukan tempat atau arah dalam konteks
yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera
pada denah
3.3 Menyimpulkan isi suatu teks dengan membaca
cepat 250 kata per menit
Menulis
4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk
laporan, surat dinas, dan
petunjuk
4.1 Menulis laporan dengan menggunakan bahasa
yang baik dan benar
4.2 Menulis surat dinas berkenaan dengan kegiatan
sekolah dengan sistematika yang tepat dan
bahasa baku
4.3 Menulis petunjuk melakukan sesuatu dengan
urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
238
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Mengapresiasi
pementasan drama
5.1 Menanggapi unsur pementasan drama
5.2 Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan
drama
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran
dan perasaan dengan
bermain peran
6.1 Bermain peran sesuai dengan naskah yang
ditulis siswa
6.2 Bermain peran dengan cara improvisasi sesuai
dengan kerangka naskah yang ditulis siswa
Membaca
7. Memahami teks drama
dan novel remaja
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2 Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
Menulis
8. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan
melalui kegiatan
menulis kreatif naskah
drama
8.1 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan keaslian ide
8.2 Menulis kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
239
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami isi berita
dari radio/televisi
9.1 Menemukan pokok-pokok berita (apa, siapa, di
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang
didengar dan atau ditonton melalui
radio/televisi
9.2 Mengemukakan kembali berita yang didengar/
ditonton melalui radio/televisi
Berbicara
10. Mengemukakan
pikiran, persaan, dan
informasi melalui
kegiatan diskusi dan
protokoler
10.1 Menyampaikan persetujuan, sanggahan, dan
penolakan pendapat dalam diskusi disertai
dengan bukti atau alasan
10.2 Membawakan acara dengan bahasa yang baik
dan benar, serta santun
Membaca
11. Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca ekstensif,
membaca intensif, dan
membaca nyaring
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa
berita yang bertopik sama melalui membaca
ekstensif
11.2 Menemukan informasi untuk bahan diskusi
melalui membaca intensif
11.3 Membacakan teks berita dengan intonasi yang
tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
Menulis
12. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk
rangkuman, teks berita,
slogan/poster
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu pengetahuan
populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat, padat, dan
jelas
12.3 Menulis slogan/poster untuk berbagai keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi,
serta persuasif
240
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami unsur
intrinsik novel remaja
(asli atau terjemahan)
yang dibacakan
13.1 Mengidentifikasi karakter tokoh novel remaja
(asli atau terjemahan) yang dibacakan
13.2 Menjelaskan tema dan latar novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
13.3 Mendeskripsikan alur novel remaja (asli atau
terjemahan) yang dibacakan
Berbicara
14. Mengapresiasi kutipan
novel remaja (asli atau
terjemahan) melalui
kegiatan diskusi
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli atau
terjemahan)
14.2 Menanggapi hal yang menarik dari kutipan
novel remaja (asli atau terjemahan)
Membaca
15. Memahami buku novel
remaja (asli atau
terjemahan) dan antologi
puisi
15.1 Menjelaskan alur cerita, pelaku, dan latar novel
remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku
antologi puisi
Menulis
16. Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan
dalam puisi bebas
16.1 Menulis puisi bebas dengan menggunakan
pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis puisi bebas dengan memperhatikan
unsur persajakan
241
Kelas IX, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
1. Memahami dialog
interaktif pada tayangan
televisi/siaran radio
1.1 Menyimpulkan isi dialog interaktif beberapa
narasumber pada tayangan televisi/siaran radio
1.2 Mengomentari pendapat narasumber dalam
dialog interaktif pada tayangan televisi/siaran
radio
Berbicara
2. Mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi
dalam bentuk komentar
dan laporan
2.1 Mengkritik/memuji berbagai karya (seni atau
produk) dengan bahasa yang lugas dan santun
2.2 Melaporkan secara lisan berbagai peristiwa
dengan menggunakan kalimat yang jelas
Membaca
3. Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca intensif dan
membaca memindai
3.1 Membedakan antara fakta dan opini dalam teks
iklan di surat kabar melalui kegiatan membaca
intensif
3.2 Menemukan informasi yang diperlukan secara
cepat dan tepat dari indeks buku melalui
kegiatan membaca memindai
Menulis
4. Mengungkapkan
informasi dalam bentuk
iklan baris, resensi, dan
karangan
4.1 Menulis iklan baris dengan bahasa yang singkat,
padat, dan jelas
4.2 Meresensi buku pengetahuan
4.3 Menyunting karangan dengan berpedoman pada
ketepatan ejaan, tanda baca, pilihan kata,
keefektifan kalimat, keterpaduan paragraf, dan
kebulatan wacana
242
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
5. Memahami wacana
sastra jenis syair
melalui kegiatan
mendengarkan syair
5.1 Menemukan tema dan pesan syair yang
diperdengarkan
5.2 Menganalisis unsur-unsur syair yang
diperdengarkan
Berbicara
6. Mengungkapkan
kembali cerpen dan
puisi dalam bentuk
yang lain
6.1 Menceritakan kembali secara lisan isi cerpen
6.2 Menyanyikan puisi yang sudah dimusikalisasi
dengan berpedoman pada kesesuaian isi puisi
dan suasana/irama yang dibangun
Membaca
7. Memahami wacana
sastra melalui kegiatan
membaca buku
kumpulan cerita
pendek (cerpen)
7.1 Menemukan tema, latar, penokohan pada
cerpen-cerpen dalam satu buku kumpulan
cerpen
7.2 Menganalisis nilai-nilai kehidupan pada cerpencerpen
dalam satu buku kumpulan cerpen
Menulis
8. Mengungkapkan
kembali pikiran,
perasaan, dan
pengalaman dalam
cerita pendek
8.1 Menuliskan kembali dengan kalimat sendiri
cerita pendek yang pernah dibaca
8.2 Menulis cerita pendek bertolak dari peristiwa
yang pernah dialami
243
Kelas IX, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
9. Memahami isi
pidato/khotbah/ceramah
9.1 Menyimpulkan pesan pidato/ceramah/khotbah
yang didengar
9.2 Memberi komentar tentang isi
pidato/ceramah/khotbah
Berbicara
10. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan
informasi dalam pidato
dan diskusi
10.1 Berpidato/ berceramah/ berkhotbah dengan
intonasi yang tepat dan artikulasi serta volume
suara yang jelas
10.2 Menerapkan prinsip-prinsip diskusi
Membaca
11. Memahami ragam
wacana tulis dengan
membaca ekstensif,
membaca intensif, dan
membaca cepat
11.1 Menemukan gagasan dari beberapa artikel dan
buku melalui kegiatan membaca ekstensif
11.2 Mengubah sajian grafik, tabel, atau bagan
menjadi uraian melalui kegiatan membaca
intensif
11.3 Menyimpulkan gagasan utama suatu teks
dengan membaca cepat ± 200 kata per menit
Menulis
12. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk
karya ilmiah sederhana,
teks pidato, surat
pembaca
12.1 Menulis karya ilmiah sederhana dengan
menggunakan berbagai sumber
12.2 Menulis teks pidato/ceramah/ khotbah dengan
sistematika dan bahasa yang efektif
12.3 Menulis surat pembaca tentang lingkungan
sekolah
244
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mendengarkan
13. Memahami wacana
sastra melalui kegiatan
mendengarkan
pembacaan
kutipan/sinopsis novel
13.1 Menerangkan sifat-sifat tokoh dari kutipan
novel yang dibacakan
13.2 Menjelaskan alur peristiwa dari suatu sinopsis
novel yang dibacakan
Berbicara
14. Mengungkapkan
tanggapan terhadap
pementasan drama
14.1 Membahas pementasan drama yang ditulis
siswa
14.2 Menilai mementasan drama yang dilakukan oleh
siswa
Membaca
15. Memahami novel dari
berbagai angkatan
15.1 Mengidentifikasi kebiasaan, adat, etika yang
terdapat dalam buku novel angkatan 20-30 an
15.2 Membandingkan karakteristik novel angkatan
20-30 an
Menulis
16. Menulis naskah drama
16.1 Menulis naskah drama berdasarkan cerpen yang
sudah dibaca
16.2 Menulis naskah drama berdasarkan peristiwa
nyata
E. Arah Pengembangan
Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk
mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian
kompetensi untuk penilaian. Dalam merancang kegiatan pembelajaran dan
penilaian perlu memperhatikan Standar Proses dan Standar Penilaian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar